Share
Rapat Paripurna DPRD Kota secara virtual dengan Pemerintah Kota Ambon
dalam rangka menyambut HUT Kota Ambon ke-445,
pada tanggal 7 September 2020. (dok-ist)

LASKAR – Tanggal 7 September 2020 Kota Ambon genap berusia ke-445 tahun. Walikota Ambon Richard Louhenapessy mengharapkan perayaan HUT ke-445 tahun ini, Kota Ambon bisa tetap menjadi kota yang sehat, ramah, maju dan sejahtera.

Hal ini disampaikan Walikota Ambon secara virtual dalam paripurna istimewa, Sabtu (0/09/2020) yang digelar DPRD Kota menyambut HUT Kota Ambon

Rapat yang dipimpin oleh Ketua DPRD Kota Ambon, Ely Toisutta dan didampingi oleh Wakil Ketua Gerald Mailoa dan Rustam Latuponno ini dihadiri oleh anggota DPRD Kota Ambon dan sejumlah pimpinan OPD lingkup Pemkot.

Walikota mengaku, ditengah pandemi Covid-19 yang mengglobal ini diharapkan warga Kota Ambon tetap berdoa dan tetap mentaati protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah.

BACA JUGA:  Harmonisasi Pengembangan Ekonomi Kreatif, Bapeda dan Litbang Gelar Rakor

“Kita harapkan Ambon bisa menjadi kota yang ramah, sehat, maju dan sejahtera. Kita terus berdoa bagi Kota Ambon agar bisa melewati setiap tantangan yang ada,” harap Ris sapaan akrab Walikota.

Selain HUT Kota Ambon, Walikota mengatakan, Gereja Protestan Maluku (GPM) juga akan merayakan HUT ke-85 pada 6 September nanti. Olehnya itu sebagai warga kota tetapi juga didalamnya ada warga gereja semua harus tetap mensyukuri apa yang terjadi dalam kehidupan ini.

“Covid memberikan dampak yang luar biasa bagi Kota Ambon, baik sosial dan ekonomi. Tetapi saya mengajak kita semua untuk tetap bersyukur,” ujar Walikota.

Tema HUT Kota Ambon Tahun 2020 yakni Ambon Sehat, kata Walikota, memberikan makna yang luas yakni Ambon Sehat adalah doa untuk masyarakat Kota Ambon agar bisa tetap sehat dalam menghadapi tantangan Covid-19.

BACA JUGA:  Warga Pelauw Bakar Rumah Sambut Pemulangan Pengungsi Kariuw, Watubun Minta Jaga Keamanan Jelang Nataru

Ambon Sehat juga berarti, upaya pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Tetapi Ambon sehat juga berati masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan.


7 Negeri Bebas Covid-19

Dalam sambutannya Walikota menyampaikan apreseasi yang tinggi terhadap tujuh (7) negeri di Kota Ambon yang masih dinyatakan bebas dari penyebaran Covid-19.

Dia berharap negeri-negeri ini terus tetap menjaga negerinya sehingga tidak ada warganya yang terpapar.


Ambon Terus Berbenah

Sementara itu Ketua DPRD Kota Ambon, Ely Toisutta dalam sambutannya mengatakan, usia ke-445 merupakan anugerah terbesar dari Allah kepada Kota Ambon. Karena itu, Kota Ambon terus berbenah diri dalam berbagai aspek sehingga kedepan Ambon terus maju.

“Usia ini bukan usia yang singkat, Kota Ambon dengan segala dinamika terus berbenah. Berbenah dari ketidakteraturan menjadi lebih teratur, berbenah dari ketidakdisiplinan menjadi lebih disiplin, dan berbenah dari ketertinggalan menjadi kota yang lebih maju. Itulah harapan seluruh masyarakat Kota Ambon,” jelas Toisuta.

BACA JUGA:  Widya Lepas 11 Kwarcab Asal Maluku Menuju Jambore Nasional ke - 11 di Jakarta

Toisuta juga memberikan apreseasi bagi Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon atas berbagai prestasi yang diraih, walaupun ditegah pandemi Covid, Pemkot Ambon menerima penghargaan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI Perwakilan Maluku atas laporan keuangan Pemkot Ambon.

“Saya bangga atas prestasi dan kerja keras pimpinan kota ini bersama semua aparatur sipil negara di lingkup Pemkot Ambon,” tandas Toisuta. (L01)