Share

LASKAR – Walikota Ambon Richard Louhenapessy,SH mengatakan, Pemerintah Kota Ambon telah menerima kiriman 7.280 dosis vaksin COVID-19 dari Dinas Kesehatan Provinsi Maluku pada Rabu (13/01/2020).

“Setelah menerima vaksin, Kamis (14/01/2020) besok vaksin Covid-19 akan dikirim ke Puskesmas dan fasilitas kesehatan yang akan melaksanakan vaksinasi

Dijelaskan, jumlah vaksin yang diterima hari ini 7.280 dan setiap orang akan disuntik dua kali dengan interval waktu selama 14 hari, sehingga mereka yang divaksin adalah 3.640 orang

“Tahap pertama vaksinasi akan dilakukan pada seluruh sumberdaya manusia bidang kesehatan, yang mencakup petugas medis dan petugas non-medis seperti tenaga administrasi, sopir, dan petugas kebersihan,”jelas Walikota.

Menurutnya, jumlah tenaga medis dan non-medis yang akan mendapat vaksin Covid-19 sebanyak 4.053 orang.

BACA JUGA:  Pemkot Ambon Pasang 4 Unit CCTV di JMP

“Di setiap fasilitas kesehatan yang ditunjuk setiap hari vaksinasi akan dilaksanakan dalam dua sesi dengan jumlah orang yang divaksin antara 10 sampai 15 dalam setiap sesi, kecuali di tiga puskesmas di Halong, Lateri, serta Puskesmas Passo, tempat vaksinasi dilakukan dalam tiga sesi setiap hari,”rinci orang nomor satu di Kota Ambon ini.

Politisi Golkar Maluku ini menguraikan ada 29 fasilitas kesehatan yang siap melaksanakan vaksinasi di Kota Ambon, terdiri atas 22 puskesmas, enam rumah sakit, dan satu kantor kesehatan pelabuhan.

“Pemkot Ambon juga sudah membentuk kelompok kerja yang bertugas memantau kejadian ikutan pasca-imunisasi (KIPI) COVID-19,”jelasnya. (L02)