Share

AMBON, LaskarMaluku.com – Penjabat Gubernur Maluku Ir. Sadali Ie, M.Si
menyampaikan ucapan selamat kepada pengurus Ikatan Sarjana Katolik Indonesia (ISKA) Maluku, Pengurus Paguyuban Wartawan Katolik Indonesia (PWKI) Maluku, dan pengurus Pemuda Katolik Komisariat Daerah Maluku, yang dilantik oleh masing-masing pimpinan pusat,  Senin (20/5/2024) di lantai 5 Kantor DPRD Maluku di Kawasan Karang Panjang Ambon.

“Ini merupakan sebuah gerakan yang dimotori oleh  pemuda-pemudi Katolik, diharapkan menjadi pemimpin yang baik dalam tubuh Katolik sendiri maupun dalam lingkup daerah maupun nasional,”harap Penjabat Gubernur dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Fibra Breemer.

Menurut dia, ISKA, PWKI, dan Pemuda Katolik merupakan kekuatan civil society dalam skala nasional maupun daerah, yang telah melakukan banyak hal dalam upaya penguatan masyarakat sipil.

BACA JUGA:  Tergusur Dari Ketua Partai BERKARYA KKT, Riki Jawerissa Terancam di PAW

 “Saya berharap ketiga Ormas Katolik Maluku yang baru dilantik dapat berkiprah dan pengabdian yang lebih konkret baik kepada agama dan negara, sehingga mampu menangkap setiap gerakan dinamika perubahan dan pembangunan pada tingkat lokal maupun nasional,” harapnya.

Pj Gubernur Maluku menambahkan, ketiga ormas Katolik ini sebagai sebuah kekuatan sosial, karena perlu disadari bahwa eksistensi dan kehadirannya berada di tengah komunitas masyarakat yang memerlukannya untuk mengatasi berbagai gejolak sosial yang muncul seperti masalah HIV, kenakalan remaja miras maupun pergaulan sex bebas.

Dirinya mengakui saat ini kemerdekaan pers menghadapi tantangan yang tidak ringan dan telah terjadi perubahan yang sangat signifikan terhadap ruang publik yang memungkinkan setiap individu dapat mengakses berita.

BACA JUGA:  Doni Monardo : Covid-19 Ibarat “Malaikat Pencabut Nyawa”

“Informasi semakin hari semakin tinggi, sehingga pada gilirannya media massa menjadi sumber informasi masyarakat yang utama, “kata Sadali Ie.

Sementara itu, pengurus Paguyuban Wartawan Katolik Indonesia (PWKI) Maluku periode 2024-2027 diketuai Saswaty Matakena,S.Hut Pemimpin Redaksi media online LaskarMaluku.com dilantik oleh Wakil Ketua Umum PWKI Pusat Mercy Tirayoh.

Pengurus Ikatan Sarjana Katolik Indonesia (ISKA) Maluku periode 2024-2027, yang diketuai Dr.Andreas.M.D Ratuanak, SH.M.Hum.M.M dilantik oleh Wakil Sekretaris Umum Wahyu dan pengurus Pemuda Katolik Komisariat Daerah Maluku yang diketuai Dominicus D Oratmangun dilantik oleh Ketua Umum, Stefanus Gusma.

Acara pelantikan tiga Ormas Katolik ini diawali dengan perayaan ekaristi dengan selebran utama Uskup Diosis Amboina, Mgr Seno Ngutra didampingi RD Ignatius Refo diakhiri dengan Diskusi Panel dengan menghadirkan narasumber Deputi I Kepala Staf Kepresidenan Febry Calvin Tetelepta dan tiga pengurus pusat dipandu host Yosi Wokanubun dengan tema, “Maluku Dalam Bingkai Politik Nasional” (L10)

BACA JUGA:  SMSI : Waspadai Provokasi di Medsos