Share

AMBON, LaskarMaluku.com – Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Sirimau, Kota Ambon, mulai melakukan rapat pleno rekapitulasi penghitungan surat suara hasil Pemilihan Umum (Pemilu) serentak Calon Presiden-Wakil Presiden, DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi, serta DPRD Kabupaten/Kota.

Proses itu berlangsung di Sporthall Karang Panjang, Kecamatan Sirimau, Ambon, yang mulai dibuka sejak Kamis (15/2/2024) malam dan dilanjutkan pada Jumat (16/2/2024) tadi.

Ketua PPK Sirimau, Stevanus Silkate, yang diwawancarai Siwalima, di Sporthall, tadi mengatakan, proses rekapitulasi ini dibuka sejak tanggal 15 Februari dan akan berakhir sesuai agenda pada tanggal 20 Maret 2024.

“Saat ini kita baru mulai proses rekapitulasi setelah dibuka tadi malam (Kamis-red), kemudian diskors untuk mempersiapkan sarana dan prasarana, dan hari ini pleno kami lanjutkan,”ujarnya.

BACA JUGA:  Tim Relokasi Benteng Victoria Temui Dirjen Anggaran

Dikatakan, hari pertama proses rekapitulasi ini didahulukan dari Desa Galala, Kelurahan Rijali dan Kelurahan Honipopu, dengan menggunakan tiga panel sekaligus 

Diketahui, sistem ini dirancang untuk mempercepat proses rekapitulasi suara.

“Nanti akan dilakukan tiga panel secara bersamaan mengingat waktu yang disediakan terbatas yang proses ini berlangsung sejak 15 Februari hingga 20 Maret sehingga untuk Kecamatan Sirimau kami harus menyiapkan 4 panel dan baru hari ini kami jalankan tiga panel,”jelasnya seraya menambahkan hari ini rekapitulasi suara di Desa Galala, Kelurahan Ahusen dan Kelurahan Rijali.

Ditanya soal perolehan suara, dirinya mengaku belum dapat disebutkan soal angka-angka perolehan suara.

“Kami belum bisa menyebutkan soal angka-angka spesifiknya karena baru dimulai. Sehingga proses rekapannya belum jalan,”katanya.

BACA JUGA:  Kapolresta Ambon Turunkan 1.045 Personel Amankan Pentahbisan Uskup Diosis Amboina

Sehingga jika ada soal hasil diluar itu yang sudah seleweran, menurutnya itu merupakan hak mereka.

“Tapi secara institusi, kami belum menyampaikan apa-apa, sehingga hasil 14 Desa/Kelurahan di Kecamatan Sirimau ini, kami belum tahu pasti,”jelasnya.

Soal riuk riuk dalam proses rekapitulasi itu, dia menyebut, aman dan tidak ada pwrdebatan yang berarti. Hanya saja, ada saran dan masukan soal kelengkapan saksi dan peran saksi sesuai mandat yang diterima.

“Tidak ada perdebatan, hanya saran dan masukan untuk bagaimana saksi itu mengantongi id card agar bisa dibedakan antara saksi DPD dan Pemilu supaya dalam penyampaian usul, saran, sanggahan, keberatan, masing-masing sesuai regulasi PKPU 5 tahun 2024. Karena mandatnya berbeda. Saksi DPD tidak bole bicara yang lain,”tandasnya.

BACA JUGA:  Akhirnya Sadali Ie Dilantik Jadi Penjabat Sekda Maluku

Ditanya soal kepastian rekapitulasi akan berakhir sesuai agenda 20 Maret tanpa kendala, dia optimis selesai.

“InsyaAllah selesai,”ujarnya.

Sementara untuk PPK Leitimur Selatan, setelah dibuka Kamis kemarin, proses rekapitulasi berlanjut Jumat tadi sejak pukul 10.00 WIT, dan hingga sore ini masih berlangsung di Kantor Kecamatan Leitisel, yang berlokasi di Negeri Leahari. (L06)