Share

LASKAR – Perayaan Hari Ulang Tahun ke-75 Republik Indonesia ditengah pandemi COVID-19 terlihat berbeda. Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya yang dipenuhi kemeriahan dengan lomba-lomba yang diselenggarakan, untuk tahun ini, perayaan HUT RI lebih dititik-beratkan pada kegiatan sosial.

Seperti halnya kegiatan bagi-bagi masker yang dilakukan Alumni Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Angkatan XX, yang pada hari ini, Senin (17/8/2020) dibeberapa titik di Kota Ambon.

Koordinator Purna Praja Angkatan XX, Hervianto Sabar mengatakan, kegiatan bagi masker merupakan tindak lanjut dari arahan Ketua Umum DPN IKPTK Pusat untuk berpartisipasi dalam Aksi Gebrak Masker untuk memperingati Hari Kemerdekaan ke-75 RI.

“Kegiatan yang kita lakukan di hari ini, juga serempak dilakukan oleh semua Purna Praja IPDN XX di seluruh Indonesia, selain dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan RI juga untuk mensukseskan Aksi Gebrak Masker yang dilaksanakan IKPTK dan juga TP PKK se-Indonesia,”kata Koordinator Alumni yang juga merupakan Ajudan Walikota Ambon ini.

BACA JUGA:  Sekretariat Partai Berkarya Maluku Dilahap si Jago Merah

Dirinya menjelaskan, pembagian masker yang dilakukan bertujuan untuk mengedukasi masyarakat khususnya di Kota Ambon tentang tujuan dan manfaat penggunaan masker ditengah wabah COVID-19 yang sedang mendunia.

“Kegiatan ini sebagai bentuk dukungan IKPTK khususnya IKPTK Ambon kepada Pemerintah dalam upaya menekan penyebaran COVID-19 di Kota Ambon. Karena kami melihat, masih ada masyarakat yang kurang menyadari fungsi dan kegunaan masker dalam mencegah penyebaran COVID-19,” akunya.

Dirinya berharap, melalui Aksi Gebrak Masker yang dilakukan, masyarakat dapat lebih memahami pentingnya penggunaan masker dimasa pandemi COVID-19.

Koordinator menambahkan, Alumni IPDN Angkatan XX seharusnya pada tahun ini melaksanakan kegiatan reuni yang akbar di Kampus Jatinangor, namun dikarenakan situasi Pandemi, kegiatan tersebut kemudian dialihkan menjadi kegiatan sosial berupa pembagian masker namun secara serempak di seluruh Indonesia.

“Aksi ini berlangsung secara serempak pada pukul 10.20 WIB (12.20 WIT) diseluruh Indonesia sebagai bentuk reuni akbar kami,” tutupnya. 

BACA JUGA:  FPPI Maluku Dukung Kebaya Goes to UNESCO

Sementara itu, pada hari yang sama, alumni IPDN angkatan XXVI juga melakukan kegiatan pembagian masker kepada warga di beberapa titik di Kota Ambon .

Salah satu alumni, Christy Lesilolo mengatakan, aksi ini bertujuan untuk mengingatkan warga Kota agar tetap menggunakan masker guna mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Virus Corona di Kota Ambon. 

Selain itu juga, menurut Lesilolo, langkah ini sebagai upaya mendukung program Pemerintah Pusat dengan Gerakan Bersama Memakai Masker. (L01)