Share

AMBON, LaskarMaluku.com – Gedung Pelayanan Perpustakaan Diresmikan oleh Deputi pengembangan sumber daya manusia perpustakaan nasional RI Andin Bondar didampingi Pejabat Walikota Ambon Bodewin Wattimena,dan Stakholder terkait Pemerintah kota Ambon, di tandai dengan pengguntingan pita ,Selasa (21/5/2024).

Andin Bondar dalam sambutannya mengatakan, perpustakaan memiliki tujuan dalam rangka pengembangan pengetahuan dan kecerdasan masyarakat yang saat ini dikenal dengan kecakapan literasi.

Menurutnya, perpustakaan adalah salah salah satu institusi layanan yang sangat demokratis dalam rangka peningkatan kegemaran membaca dan literasi ditengah masyarakat.
“Maka dari itu, pertanyaan kenapa pentingnya literasi? saya selalu sampaikan bahwa tidak ada di dunia ini yang maju tanpa masyarakatnya memiliki kecakapan literasi.

BACA JUGA:  Sekot : Pemkot Ambon Perioritas P3K Yang Sudah Lama Mengabdi

Oleh karena itu, kecakapan literasi itu diperoleh dari proses kegemaran membaca, ketika orang membaca maka berkembang pengetahuannya, orang itu akan inovatif, kreatif, produktif maka ketika dia membaca akhirnya adalah orang itu akan sejahtera,”ungkapnya.

Dijelaskan, setiap fasilitas sebagai hak masyarakat sudah diatur dalam UU 2007 tetang perpustakaan bahwa masyarakat memiliki hak untuk memperoleh layanan perpustakaan dan mengakses informasi pengetahuan untuk kualitas hidupnya.

“Oleh karena itu, kehadiran fasilitas layanan ini yang kita alokasikan tahun 2022 sebesar Rp 10 miliar itu bukan pada pembangunan gedungnya tetapi bagaimana kita bangun layanan perpustakaan ini sebagai layanan inklusif, dimana perpustakaan itu menjadi ruang terbuka bagi masyarakat kota Ambon untuk belajar, berbagai pengalaman dan meningkatkan kualitas hidupnya.

BACA JUGA:  Selesaikan Studi di Jepang, Walikota Beri Apresiasi 6 Orang Mahasiswa Asal Ambon

Jadi harapan kita nanti bahwa diruang-ruang ini ada praktek-praktek baik bagaimana mengimplementasikan ilmu yang didapat itu diterapkan kembali dalam hidupnya,”ujarnya.

Sementara itu, Pejabat Walikota Ambon Bodewin Wattimena mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada Perpustakaan Nasional RI yang telah membangun gedung layanan perpustakaan di Kota Ambon.

“Kita selaku pemkot ingin menyampaikan ucapan terimakasih dan aptesiasi yang tinggi kepada perpustakaan nasional RI yang telah berkenan mengalokasikan DAK untuk membangun gedung layanan perpustakaan kota Ambon yang hari ini diresmikan.

Kami sadari sungguh bahwa hal ini dalam upaya bersama kita untuk meningkatkan kecerdasaan bangsa maka layanan perpustakaan merupakan salah satu instrumen penting yang harus kita kembangkan supaya minimal meningkatkan minat baca pada daerah di indonesia terutama di wilayah kota Ambon,”ucap Wattimena.

BACA JUGA:  SMP di Kota Ambon Akan Pembelajaran Tatap Muka

Semog layanan perpustakaan ini dapat dimanfaatkan masyarakat Kota Ambon khususnya generasi muda terutama pada pelajar siswa maupun siswa SMP dan SD di Kota Ambon,”berharap(06)