Share

LASKAR – Hasil perhitungan cepat sejumlah lembaga survey terhadap 4 daerah yang melakukan pemilihan kepala daerah di Maluku menunjukan, PDI-Perjuangan untuk sementara unggul di Kabupaten Buru Selatan, Maluku Barat Daya (MBD) dan Kepulauan Aru, sementara Partai Golkar sementara unggul di Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT).

Masing-masing tim sukses mulai melakukan rekapituasi perhitungan suara dari sejumlah TPS yang ambil secara acak.

Untuk Kabupaten Buru Selatan, pasangan Safitri Malik Soulisa – Gerson Eliaser Selsily masih unggul dari dua pasangan lainnya. 

Peneliti Sinergi Data Indonesia (SDI) Barkah Pattimahu mengatakan, dari hasil survei Pilkada serentak tahun 2020 di Bursel, pasangan Safitri Malik Soulisa – Gerson Eliaser Selsily hingga saat ini masih yang tertinggi elektabilitasnya, yakni mencapai 46,14 persen.

Sedangkan elektabilitas pasangan Haji Ali – Zainudin Booy memiliki 22,73 persen, pasangan Abdurahman Soulissa 10,91 persen dan yang masih rahasia sebanyak 20,23 persen.

“Elektabilitas pasangan Safitri Malik – Gerson Eliaser Selsily masih tertinggi bila dibandingkan dengan pasangan lainnya,” kata Barkah saat merilis hasil survei di Hotel Biz Ambon, Selasa (2/12/2020) .

BACA JUGA:  Pemrov Maluku Pecat PNS Yang Terlibat RMS

Menurut dia, terkait politik identitas yang dibangun di Bursel, lebih dari 50 persen pemilih tidak setuju dengan politik identitas dengan isu etnis atau suku. “Mayoritas pemilih menyatakan tidak akan memilih calon yang berkampanye memaki isu etnis atau suku,” katanya.

Barkah mengaku, jika pemilih di Bursel memilih pasangan calon Safitri Malik – Gerson Eliaser sebagai pengganti Tagop Soulisa. Hal tersebut karena pasangan Safitri – Gerson lebih populer dan disukai.

“Pasangan Safitri – Gerson unggul pada semua aspek personality, dan keunggulan tertinggi pada aspek kepintaran,” kata Barkah.

Sementara untuk Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) Pasangan Calon (Paslon) Bupati – Wakil Bupati Mukti Keliobas – Idris Rumalutur (ADIL) dengan nomor urut 1 juga mengklaim kemenangannya. 

Klaim ini disampaikan secara langsung oleh Ketua Tim Pemenangan Paslon nomor urut 1, Agil Rumakat dalam rilisnya, Selasa (09/12/2020) malam.

BACA JUGA:  Investasi Jumbo, PLTA Kayan Cascade Bakal Jadi Warisan Jokowi untuk Energi Bersih

“Alhamdilillah, puji syukur hanya pada Allah SWT, salawat dan salam pada Baginda Rasul Muhammad SAW, “ ungkap Agil membuka rilisnya itu.

Dalam rilisnya, Agil, selaku Ketua Tim Paslon ADIL  ingin menyampaikan  beberapa hal terkait Pilkada SBT yang  telah  berlangsung dgn Baik dan Aman.

Ia menagaskan, berdasarkan hasil hitung cepat hingga malam ini, telah masuk sebanyak 71%  suara dan telah menetapkan pasangan ADIL sebagai pemenang Pilkada 2020 di Kabupaten SBT.

Kemenangan ini, tambahnya, diperoleh diseluruh daerah pemilihan di Kabupaten SBT dengan selisih suara yang masuk ke tim tabulasi data, menunjukan jumlah yang terpaut cukup besar dan tidak mungkin terkejar lagi oleh paslon lainnya.

“Selaku Ketua Tim saya mengucapkan terima kasih pada semua pihak. Seluruh rekan-rekan parpol pengusung, relawan, simpatisan dan seluruh masyarakat SBT atas partisipasi dan sumbangsi dukungan serta kerja kerasnya sehingga terwujudnya  kemenangan pasangan Adil pada hari ini,” ucapnya.

BACA JUGA:  Gubernur Maluku Minim Etika Dalam Komunikasi Publik

Untuk itu, Agil meminta untuk semua saksi dan masyarakat serta partai-partai  pengusung agar dapat mengawal ketat hasil penghitungan suara hingga secara resmi ditetapkan oleh KPUD SBT.

“Terima kasih juga untuk seluruh penyelenggara yang tetap berkerja secara independen dan profesional demi jalannya Pilkada yang dengan integritas yang tinggi hari ini,” tandas Agil.

Patahana Unggul di Aru dan MBD

Sementara untuk Kabupaten Kepulauan Aru, dari hasil perhitungan yang diperoleh dari tim sukses, patahana Johan Gonga-Muin Sogalrey yang diusung Partai PDI-Perjuangan, Nasdem, PKPI, Partai Gerindra, Partai Demokrat, PPP, Partai Hanura, Partai Berkarya, dan Perindo, sementara masih unggul dari hasil hitung cepat.

Sedangkan Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) patahana Benyamin Thomas Noach – Agustinus Kilikily masih berada di posisi teratas dengan jumlah perolehan suara yang cukup signifikan dan sulit terkejar oleh kedua pasangan lainnya. (L02)