Share

AMBON, LaskarMaluku.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku, terus berupaya mendatangkan investor untuk berinvestasi didaerah ini guna menekan angka kemiskinan dan pengangguran didaerah ini. Kali ini, Pemprov menggaet PT Comextra Mayora.

PT Comextra Mayora, bergerak dibidang pertanian dan perkebunan Jambu Mete, yang sudah mendunia. Perusahaan yang berkedudukan di Kota Makassar, Sulawesi Selatan itu selama ini sudah mengekspor Jambu Mete ke seluruh dunia, setiap tahunnya mengirim sekitar 4 ribu kontainer ke negara tujuan yang mempekerjakan karyawan kurang lebih 4 ribu orang.

PT Comextra Mayora, diketahui bersedia melakukan investasi didaerah ini, setelah Owner perusahaan,Jimmy Wisan beserta staf melakukan pertemuan dengan Pemprov Maluku di ruang pertemuan Lantai II Kantor Gubernur Maluku, Kamis (13/7/2023).

Hadir pada kesempatan itu, Sekda Maluku, Sadali Ie, Ketua Tim Gubernur Percepatan Pembangunan (TGPP) Hadi Basalamah, Penjabat Bupati Maluku Tengah, DR Muhamat Marasabessy, SP, ST, M.Tech dan sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

BACA JUGA:  Holding Company Peduli Bantu Warga Kota

Ketua TGPP, Hadi Basalamah mengatakan, PT Comextra Mayora, merupakan perusahaan bergerak di Pertanian dan perkebunan yang berskala dunia. “Beliau pertama kali ke Maluku. Jarang bepergian hadiri pertemuan seperti ini. Teman saya sekitar 20 tahun, saya ajak ke Maluku bangun Maluku dan Alhamdulilah hadir. Ini semua atas arahan bapak Gubernur Maluku,”kata Basalamah.

“Atas nama Pak Gubernur, kami ucapkan terima kasih komitmen terkait investasi di Maluku. Rum investasi di sukses salah satu di PT Comextra Mayora. Jadi perusahaan ini perkerjakan 4000 pekerja,”lanjut Basalamah.

Pertemuan yang difasilitasi oleh Ketua TGPP Provinsi Maluku Hadi Basalamah tersebut, dipimpin oleh Sekretaris Daerah Maluku Ir. Sadali IE, M.Si, IPU. Sekda mengatakan, atas nama pemerintah Provinsi Maluku, pada kesempatan itu menyambut baik, memberikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi, kepada PT. Comextra Mayora, yang memiliki rasa kepedulian tinggi, bagaimana turut bertanggungjawab untuk mensejahterahkan masyarakat Indonesia khususnya masyarakat di bumi raja-raja.

BACA JUGA:  Sekretaris KPUD Aru Ditahan, 5 Komisioner Siap Nyusul

“Kehadiran Pak Jimmy selaku pimpinan, telah membuktikan adanya keseriusan perusahaan ini mau mendorong perkembangan komoditas perkebunan khususnya pertanian Jambu Mete di Maluku, dengan memberikan bibit gratis sebagai wujud CSR PT. Comextra Mayora, yang mana kesiapan lahan akan disesuaikan dengan lahan yang disediakan pemerintah Kabupaten,”jelas Sekda.

Sekda menjelaskan bahwa selain memberikan bibit Jambu Mete gratis pihak PT Comextra Mayora juga akan melakukan pendampingan dan pendekatan melalui sosialisasi kepada masyarakat.

Jimmy pada kesempatan itu juga menegaskan, pihaknya siap berapapun lahan yang akan disediakan pemerintah daerah, dan dirinya akan memberikan bibit secara gratis dan pembinaan melalui tenaga teknis, jika hasil pertanian nantinya mencapai 20 ribu ton, PT Comextra Mayora akan membuka pabrik.

BACA JUGA:  Benahi PDAM, Purmiasa Ganti Tetelepta Sebagai Plt. Direktur PDAM

Untuk diketahui PT. Comextra Mayora adalah perusahaan dalam sektor hasil bumi baik hasil export maupun produk lokal, yang memiliki CSR kesejahteraan petani, dengan komitmen mendorong kesejahteraan petani melalui pendapatan petani mete.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan dokumen peluang investasi perikanan dan pertanian dari Sekda Sadali kepada Jimmy Wisan. (*/L06)