Share
Joy Adriaansz

LASKAR – Sebanyak 10 OPD di lingkup Pemerintah Kota Ambon menjalani Swab Tes atau Uji Swab sebagai langkah antisipasi Pemkot dalam mencegah penularan Covid-19 di wilayah perkantoran. Dan hingga saat ini sudah 386 sampel yang diambil Dinas Kesehatan Kota Ambon

Demikian disampaikan Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Pemkot Ambon, Joy Adriaansz, Minggu (23/08/2020). 

“Dari 386 sampel, 175 sampel saat ini masih menunggu hasil pemeriksaan, sementara 211 sampel lainnya sudah dikeluarkan dengan hasil 46 sampel pegawai dinyatakan positif Covid-19,” jelas Adriaansz.

Ditambahkan, 46 pegawai yang dinyatakan positif saat ini sudah mengikuti isolasi secara terpusat pada lokasi yang disiapkan Pemerintah Kota Ambon, maupun isolasi mandiri bagi mereka yang rumahnya memenuhi persyaratan berdasarkan kriteria penilaian gugus tugas.

BACA JUGA:  Gubernur Maluku Sampaikan KUA PPAS Perubahan APBD 2020 Secara Virtual

Terkait keterbatasan lokasi isolasi terpusat, Adriaansz mengaku, pihak Pemkot saat ini tengah melakukan pembicaraan dengan pihak LPMP agar bisa digunakan sebagai lokasi isolasi terpusat.

Menyikapi kemungkinan-kemungkinan lain yang muncul, Pemkot juga telah mengambil langkah berupa pemusatan tracing dan tracking baik terhadap masyarakat yang melakukan pelayanan maupun kepada pegawai lain yang juga melakukan pelayanan publik.

“Hal ini tentunya bertujuan untuk mencegah penularan yang dilakukan oleh pegawai itu sendiri,” ucapnya.

Dikatakan, pelaksanaan Swab tes terhadap pegawai Pemkot yang dilakukan sejak tanggal 3 Agustus 2020 hingga kini, masih akan terus berlanjut.

“Dalam sehari dua, Swab Tes ASN Pemkot akan dilanjutkan dengan pemeriksaan yang dilakukan kepada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dan juga Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD),” aku Adriaansz.

BACA JUGA:  Jabatan Sekda Maluku Kosong, Gubernur Lantik 8 Pejabat Tinggi Pratama

Apresiasi Instansi Yang Melakukan Swab Mandiri

Joy Adiraansz nama Pemerintah Kota Ambon juga memberikan apresiasi kepada instansi Pemerintah lain dan juga Instansi Swasta yang melakukan Uji Swab secara mandiri.

Menurutnya, langkah tersebut merupakan bukti keseriusan untuk membantu Pemerintah Kota Ambon dalam mencegah penularan pada wilayah perkantoran.

“Kami memberikan apresiasi atas upaya dari Instansi lain dan juga Swasta untuk membantu Pemerintah dalam menekan penularan Covid-19. Tercatat hingga saat ini sebanyak 289 sampel yang sudah dilakukan secara mandiri oleh instansi lain diluar Pemkot,” imbuhnya.

Dikatakan, sebelumnya Pemkot lewat GTPP Covid-19 telah melayangkan surat bagi instansi lain baik Pemerintahan maupun Swasta untuk bersama-sama Pemerintah dalam menekan penyebaran Covid-19.

BACA JUGA:  Syukuran HUT KKT Ke-21 Penuh Hikmat dan Kesederhanaan

“Tes yang dilakukan, merupakan tindak lanjut terhadap surat dari Pemkot Ambon lewat Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 kepada seluruh instansi pemerintah maupun swasta untuk wajib melakukan swab secara mandiri. Tujuannya untuk mengetahui secara dini kondisi kesehatan dari para pegawai di lingkup perkantoran,” ucap Adriaansz

Dirinya berharap, instansi lain juga dapat menindak lanjuti surat tersebut demi kebaikan bersama sebagai warga masyarakat Kota Ambon. (L01)